Pertanyaan
Dari:
1.
Marsa’id, S.Pd.I., Anggota Muhammadiyah Cabang
Watukebo, Jember, Jawa Timur
2.
Ridwan, 08153246xxxx, Kepala Sekolah SMA
Muhammadiyah Baturaja Sumatera Selatan
(disidangkan
pada Jum’at, 7 Zulhijjah 1429 H / 5 November 2008 M oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah)
Pertanyaan:
1. Jika surat
al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat, dari bacaan bismillah dan
seterusnya, bukankah seharusnya bacaan basmalah tidak disirrikan, bahkan
harusnya dijahrkan sama seperti ayat-ayat berikutnya ketika kita baca jahr
dalam shalat? Sebagai anggota Muhammadiyah saya perlu memahaminya, karena
orang-orang Muhammadiyah sendiri lebih banyak yang membaca surat al-Fatihah
dalam shalatnya tanpa menjahrkan bahkan ada yang tidak memulainya dengan
bismillahirrahmanirrahim. (Marsa’id, S.Pd.I.)
2. Manakah yang
benar, bacaan basmalah dalam surat al-Fatihah ketika mengerjakan shalat dibaca jahr
atau sirr? Di daerah kami masih sering warga Muhammadiyah bertanya-tanya
dan terkadang saling menyalahkan. (Ridwan, 08153246xxxx)
Jawaban:
Kedua pertanyaan dari dua orang penanya di atas
akan kami jawab sekaligus dalam satu rangkaian jawaban. Namun, sebelumnya perlu
diketahui bahwa masalah bacaan basmalah dalam surat al-Fatihah yang dibaca
ketika mengerjakan shalat telah beberapa kali ditanyakan oleh penanya
sebelumnya dan telah pula kami jawab dan dimuat di Majalah Suara Muhammadiyah.
Di antaranya yang telah diterbitkan dalam buku Tanya Jawab Agama Jilid 2
terbitan Suara Muhammadiyah Cetakan VI tahun 2003 halaman 53-54 dan Tanya Jawab
Agama Jilid 4 Cetakan III halaman 82-89. Tetapi ada baiknya pada kesempatan
kali ini kami jelaskan kembali secara singkat jawaban tentang persoalan
tersebut.
Pendapat Para Ulama tentang Bacaan Basmalah dalam Shalat
Para ulama berbeda pendapat mengenai bacaan basmalah dalam shalat:
1.
Imam Malik melarang membacanya
dalam shalat fardlu, baik secara jahr (keras) maupun secara sirr
(lembut), baik dalam membuka al-Fatihah maupun dalam surat lainnya, tetapi
beliau membolehkan membacanya dalam shalat nafilah (sunnah)
2.
Imam Abu Hanifah mengharuskan
membacanya ketika membaca al-Fatihah dalam shalat secara sirr (lembut)
pada setiap rakaat, dan lebih baik membacanya ketika membaca setiap surat.
3.
Imam asy-Syafi‘i berpendapat wajib
membacanya dalam shalat secara jahr (keras) dalam shalat jahr,
tetapi dalam shalat sirri wajib dibaca dengan sirri.
4.
Imam Ahmad Ibnu Hanbal berpendapat
harus membacanya dengan sirri dalam shalat dan tidak mensunnahkan
membacanya dengan jahr.
Sumber perbedaan
pendapat tersebut adalah karena perbedaan pendapat mengenai status basmalah,
apakah ia termasuk surat al-Fatihah, dan termasuk permulaan tiap-tiap surat atau
tidak. Secara ringkas, perbedaan pendapat tersebut dapat kami uraikan sebagai
berikut:
1.
Asy-Syafi‘iyyah berpendapat bahwa
basmalah adalah salah satu ayat dari surat al-Fatihah dan merupakan awal dari
setiap surat dalam al-Qur'an.
2.
Al-Malikiyyah berpendapat bahwa
basmalah bukan merupakan ayat, baik dari surat al-Fatihah maupun dari
al-Qur'an.
3.
Al-Hanafiyyah mengambil jalan
tengah antara asy-Syafi‘iyyah dan al-Malikiyyah. Mereka berpendapat bahwa
penulisan basmalah dalam al-Mushhaf menunjukkan bahwa basmalah adalah ayat
al-Qur'an, tetapi tidak menunjukkan bahwa basmalah adalah salah satu ayat dari
tiap-tiap surat. Hadits-hadits yang memberitakan bahwa basmalah tidak dibaca
dengan keras dalam shalat ketika membaca al-Fatihah menunjukkan bahwa basmalah
bukan salah satu ayat dari surat al-Fatihah, tetapi mereka menetapkan bahwa
basmalah adalah salah satu ayat dari al-Qur'an, yang diturunkan sebagai
pembatas antara satu surat dengan surat lainnya, sebagaimana disebutkan dalam
hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas: Bahwa Rasulullah saw tidak mengetahui
batas-batas surat sebelum diturunkan ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’.
Pendapat Majelis Tarjih tentang Bacaan
Basmalah dalam Shalat
Kami berpendapat boleh
membaca basmalah secara jahr dan boleh juga secara sirr dalam shalat. Pendapat
ini berlandaskan hadits-hadits sebagai berikut:
أ.
عَنْ أَنَسٍ قَالَ:
صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ
وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقْرَأُ ÉOó¡Î0 «!$#
Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# . [رواه مسلم]
“Diriwayatkan
dari Anas, ia berkata: Saya shalat bersama Rasulullah saw, Abu Bakar, ‘Umar dan
‘Utsman, tetapi saya tidak mendengar seorang pun di antara mereka yang membaca:
‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’.” [HR. Muslim].
ب.
عَنْ أَبِي هِلاَلٍ
عَنْ نُعَيْمٍ اْلمُجَمِّرِ قَالَ: صَلَّيْتُ وَرَاءَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَقَرَأَ ÉOó¡Î0 «!$#
Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# ثُمَّ قَرَأَ بِأُمِّ الْقُرْآنِ حَتَّى إِذَا
بَلَغَ Îöxî ÅUqàÒøóyJø9$#
óOÎgøn=tæ
wur
tûüÏj9!$Ò9$# فَقَالَ آمِينْ وَيَقُولُ كُلَّمَا سَجَدَ: اَللهُ أَكْبَرُ،
وَإِذَا قَامَ مِنَ اْلجُلُوسِ فِي اْلإِثْنَتَيْنِ قَالَ: اَللهُ أَكْبَرُ،
وَإِذَا سَلَّمَ قَالَ: وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَشْبَهُكُمْ صَلاَةً
بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. [رواه النسائي]
“Diriwayatkan
dari Abu Hilal, diriwayatkan dari Nu'aim al-Mujammir, ia berkata: Saya
shalat dibelakang Abu Hurairah (makmum). Maka beliau membaca ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’,
kemudian membaca Ummul-Qur'an, hingga ketika sampai pada ‘Gairil-magdlubi
'alaihim waladl-dlaalliin’ beliau membaca ‘Amiin’. Kemudian
orang-orang yang bermakmum membaca ‘Amiin’. Dan setiap bersujud beliau
membaca ‘Allahu Akbar’ dan apabila berdiri dari duduk dalam dua rakaat,
beliau membaca ‘Allahu Akbar’, dan apabila membaca salam (sesudah
selesai), beliau berkata: Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya
saya orang yang paling mirip shalatnya dengan shalat Rasulullah saw.” [HR.
an-Nasa'i]
أ.
عَنْ قَتَادَةَ عَنْ
أَنَسٍ قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ فَلَمْ أَسْمَعْ
أَحَدًا مِنْهُمْ يَجْهَرُ ÉOó¡Î0
«!$#
Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$# . [رواه النسائي]
“Diriwayatkan
dari Qatadah, diriwayatkan dari Anas, ia berkata: Saya shalat di
belakang Rasulullah saw, Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman r.a., tetapi saya tidak
mendengar seorang pun di antara mereka yang membaca ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’
dengan keras.” [HR. an-Nasa'i]
ب.
عَنْ أَبَي هُرَيْرَةَ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِذَا قَرَأْتُمُ الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاقْرَءُوا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ إِنَّهَا أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِى
وَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ إِحْدَاهَا. [رواه الدارقطني]
“Diriwayatkan
dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Apabila
kamu membaca al-Hamdu Lillah (surat al-Fatihah), maka bacalah ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’,
sebab surat al-Fatihah adalah Ummul-Qur’an dan Ummul-Kitab dan Sab’ul-Matsani,
adapun basmalah adalah salah satu ayat dari surat al-Fatihah.” [HR.
ad-Daruquthni]
ج. عَنْ
أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ سُئِلَ عَنْ قِرَاءَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: كَانَتْ قِرَاءَتُهُ مَدًّا ... ثُمَّ قَرَأَ: ÉOó¡Î0 «!$#
Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$#. ßôJysø9$#
¬! Å_Uu úüÏJn=»yèø9$# . Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$#
.
Å7Î=»tB
ÏQöqt ÉúïÏe$!$# ... . [أخرجه البخاري عن أنس، قال الدارقطني اسناده صحيح]
“Diriwayatkan
dari Anas r.a., bahwa ia pernah ditanya tentang bacaan Rasulullah saw
(surat al-Fatihah), maka Anas menjawab: Bacaannya secara madd (panjang). Lalu
ia membaca ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim, al-Hamdu Lillahi Rabbil ‘Alamin,
ar-Rahmanir-Rahim, Maliki Yaumid-din, …’.” [Ditakhrijkan oleh al-Bukhari
dari Anas, ad-Daruquthni mengatakan: Sanadnya shahih]
Penjelasan
1.
Hadits pertama yang diriwayatkan
oleh Muslim dari Anas, menceritakan bahwa Anas tidak mendengar bacaan basmalah
dari Nabi saw, Abu Bakar, Umar dan Utsman. Tetapi bukan berarti bahwa mereka
tidak membaca basmalah sama sekali, sebab kemungkinan mereka membacanya secara sirri,
tidak jahr (keras). Sebab dalam riwayat lainnya, yang diriwayatkan oleh
Ahmad, an-Nasa'i, dan Ibnu Khuzaimah, juga dari Anas, menyatakan: لاَ
يَجْهَرُونَ بِسْمِ اللهِ الَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. Ini menunjukkan bahwa mafhumnya adalah mereka membacanya
secara sirri. Hadits yang ditakhrijkan oleh Muslim tersebut menurut para
ulama adalah hadits yang berderajat shahih.
2.
Hadits kedua, yang diriwayatkan
oleh an-Nasa'i dari Nu'aim al-Mujammir, menyatakan bahwa ketika ia shalat di
belakang Abu Hurairah (makmum), beliau membaca ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’.
Kemudian setelah selesai shalat beliau berkata: Saya adalah orang yang paling
mirip shalatnya dengan shalat Nabi saw. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa
Nabi saw membaca basmalah dengan jahr ketika mengerjakan shalat. Perlu
diketahui bahwa Abu Hurairah adalah sahabat yang dekat sekali kepada Nabi saw,
dan tidak diragukan kejujuran, kepercayaan, ingatan serta kecerdasannya. Maka
tidaklah mungkin beliau berdusta. Ash-Shan‘ani menyatakan bahwa hadits tersebut
adalah hadits yang paling shahih dalam masalah basmalah (ash-Shan‘ani, 1961, I:
173).
3.
Hadits ketiga, yang diriwayatkan
oleh an-Nasa'i dari Anas, menyatakan bahwa Anas tidak mendengar Rasulullah saw,
Abu Bakar, Umar dan Utsman mengeraskan suaranya dalam membaca ‘Bismillahir-Rahmanir-Rahim’.
Dari hadits tersebut dapat diambil pengertian (mafhum), bahwa Nabi saw,
Abu Bakar, Umar dan Utsman membaca basmalah dengan sirri. Menurut para
ahli hadits, hadits tersebut termasuk hadits shahih (ash-Shan‘ani, 1961, I:
173).
4.
Hadits keempat, yang ditakhrijkan
oleh ad-Daruquthni dari Abu Hurairah, menyatakan bahwa Nabi saw pernah
memerintahkan kepada para sahabat untuk membaca basmalah apabila membaca
al-Fatihah, sebab basmalah adalah salah satu ayat dari surat al-Fatihah, dan
menurut ad-Daruquthni hadits tersebut adalah shahih.
5.
Hadits kelima, yang ditakhrijkan
oleh al-Bukhari dari Anas, menyatakan bahwa Rasulullah saw membaca basmalah
apabila membaca surat al-Fatihah. Menurut ad-Daruquthni, sanad hadits tersebut
adalah shahih.
Menurut para ahli
hadits, kelima hadits tersebut adalah shahih dan tidak dapat diketahui mana di
antara hadits-hadits tersebut yang datang lebih dahulu, sehingga tidak dapat
ditetapkan mana yang nasikh (yang menghapus) dan mana yang mansukh
(yang dihapus). Justru hadits-hadits
tersebut dapat dikompromikan dan dapat diamalkan semuanya. Oleh karena itu kami
berpendapat bahwa Rasulullah saw kadang-kadang membaca basmalah secara jahr
dan kadang-kadang membacanya secara sirri. Kami tegaskan kembali bahwa
basmalah adalah salah satu ayat dari ayat-ayat surat al-Fatihah, boleh dibaca
secara jahr dan boleh pula dibaca secara sirri dalam shalat jahr,
yaitu shalat yang diharuskan membaca surat al-Fatihah secara jahr.
Sumber : Fatwa Tarjih PP Muhammadiyah
apa mungkin yang tidak mendengar nabi membaca basmalah pada saat itu saat sholat dhuhur atau ashar...????
BalasHapuskerjakan yang mana menurut enak dihati..
BalasHapusseharusnya kalau sudah ada penjelasan hadist ya mengikuti tidak mengingkari nggak perlu bangga dengan tampil beda
BalasHapusMemang tdk d jlskn shalat apa, tp jika di kaji lagi stelah bismillah diteruskan dengan alhamdulillah sehingga terdengar ke belakang (makmum) dengan seperti itu berarti shalat yang jahr (dikeraskan) seperti maghrib, isya dan subuh.
BalasHapusBismillah tetap dibaca pada shalat apapun namun bisa jahr atau sirri tergantung jenis shalatnya seperti zuhur dan ashar tetap dibaca sirri.
hikmah yang diambil: jangan mudah menyalahkan amalan yang berbeda" sebagai ibnu sabil alias pekerja yang sering ada di jalan, sering bermakmum pada imam masjid yang mengeraskan maupun men sirrikan. ternyata semua ada dalilnya, jdi tenang... sip!
BalasHapusterima kasih
BalasHapusKesimpulan : بسم الله dapat di baca jahr ataupun sirri semua haditsnya shahih. Namun sebelum membaca alfatihah baiknya membaca ta'awudz terlebih dahulu.
BalasHapusSetuju ana pakai yg lengkap aj
BalasHapusa kan lbh baaik lebih dr pd kurrang kannnnnnn
sebelum mentarjih,... ulama muhammadiyah idealnya membaca dulu kitab asli pendapat para ulama diatas,... apakah dalil yang muhammadiyah paparkan tidak ada disebutkan oleh para ulama, sehingga mereka (muhmadiyah) terkesan mengenyampingkan landasan ulama terdahulu dengan mengambil pendapat "baru" tanpa mau dibilang itu sebenarnya pendapat salah satu ulama diatas,.....
BalasHapusambil lah dalil yang lebih shahih dan yang paling dekat dengan penjelasan dari abu hurairah..
BalasHapusustad... apakah doa iftitah dan surah pendek nya membaca bismillah juga...???
BalasHapusustad... apakah doa iftitah dan surah pendek nya membaca bismillah juga...???
BalasHapusmantannbb
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.Kalau kita cuma berlandaskan hadits yg simpang-siur dan ditafsirkan secara berbeda maka selamanya tidak akan tuntas. Terbukti mulai dari zaman Imam madzhab sampai sekarang tidak tuntas kan?.Maka perlu terobosan, dengan mengkaji rahasia2 yg ada pada susunan ayat2 dalam Al Fatihah. Saya pribadi telah sampai pada kesimpulan bahwa yg benar itu ayat pertama Al Fatihah adalah Alhamdulillah i Rabbil'aalamiin. Disini akan saya sebut empat alasan saja dari sekian banyak yg telah saya temukan:
BalasHapus1.Inti ajaran Islam adalah tauhid. Inti Al Fatihah juga tauhid. Karena tengah2 bilangan satu sampai tujuh adalah bilangan empat, maka bukan kebetulan kalau ayat ke empat adalah Iyyaka na' budu wa Iyyaka nasta'iin.
2. Seperti kita ketahui bahwa jumlah ayat dalam surat2 dalam Al Qur'an adalah 6236 ayat. Bila basmalah bukan ayat pertama Al Fatihah maka jumlah basmalah diluar surat menjadi 113 ayat. Jadi total ayat 6236+113= 6349 ayat.
Kalau Al fatehah terdiri dari 7 ayat maka ternyata 6349= 7x907. Dan ini saya yakini bukan merupakan suatu kebetulan.
3. Kalau kita perhatikan ternyata Al Fatehah dalam shalat mempunyai pasangan yang sama2 terdiri dari 7 kalimat yaitu Attahiyat ...dst. Coba bandingkan. Ayat Alhamdulillah... dengan Attahiyatulillah.... Juga Iyyaka na'budu... dengan Asyhadu anla Ilaha Illa Allah....
4. Mari kita hitung jumlah huruf dalam Al Fatehah versi Imam Malik dan Imam Hanafi.Ayat ke empat lima dan enam= 19 huruf, ayat ke tujuh= 24 huruf. Ternyata 456= 19x24. Ini mukjizat atau cuma kebetulan??!!!.
Masih banyak argumen saya. Semoga alasan2 di atas bisa menjadi jalan keluar. Aamiin.
Komentar bisa juga langsung ke saya Eddy margono WA 081346458770.
BalasHapusAdanya basmalah sebelum surat2 itu ada kaitan langsung dengan Wahyu pertama yaitu Al Alaq ayat 1 yang tafsirnya ialah bahwa kita diperintahkan baca basmalah sebelum mempelajari firman2Nya. Adanya basmalah sebelum Al Fatehah artinya ialah bahwa Al Fatehah juga merupakan suatu pelajaran yg harus dikaji, termasuk juga mengkaji rahasia2 nya. Sebelum mempelajari Al fatehah kita perlu baca basmalah dulu supaya terbimbing olehNya. Tetapi harus diingat ketika sedang shalat dan baca Al Fatehah maka posisi kita sedang berdoa dengan Al fatehah, bukan sedang mempelajari Al Fatehah. Jadi bisa dimaklumi kalau Imam Malik tidak baca basmalah.
BalasHapus